Sejarah Apple

Sejarah Apple 

Apple Inc adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, California Amerika Serikat dan bergerak di bidang bidang perancangan, pengembangan dan penjualan barang barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Apple Inc, didirikan pada tanggal 1 april 1976 dan diinkonporasikan menjadi Apple Computer Inc, pada tanggal 3 januari 1977. Pada tanggal 9 januari 2007 kata computer di hapus untuk mencerminkan fokus Apple terhadap bidang elektronik konsumen pasca peluncuran iPhone.

Apple dikenal akan jajaran produk perangkat lunak diantaranya sistem operasi OS X dan iOS, pemutar musik iTunes, serta peramban web safari, dan perangkat keras diantaranya komputer meja iMac, komputer jinjing MacBook Pro, pemutar lagu iPod, serta telepon genggam iPhone dan jam tangan pintar Apple Watch.

Steve jobs dan Steve Wozniak sudah berteman sejak lama. Bertemu pertama kali pada tahun 1971 ketika seorang teman memperkenalkan Wozniak yang saat itu berumur 21 tahun kepada Jobs yang saat itu baru berumur 16 tahun. Jobs berhasil membujuk Woznaik untuk membuat komputer dan menjualnya. Jobs mendekati sebuah toko komputer lokal the Byte Shop yang tertarik untuk membeli komputer tetapi hanya komputer yang sudah terpaket lengkap, pemilik toko tersebut Paul Terrell mengatakan ia siap membeli 50 unit seharga $500 satunya.

Sebelum membantu mendirikan Apple, Steve Wozniak adalah seorang hacker elektronik. Pada tahun 1975 dia bekerja di Hawlett-Packard dan membantu temannya Steve Jobs mendisain video game untuk Atari. Pada saat itu Wozniak telah membeli computer time pada bermacam jenis minicomputer yag di-host oleh call computer sebuah perusahaan timesharing.Dibantu oleh satu orang lagi teman Ronald Wayne bertiga mereka mulai produksi komputer tersebut.
Pada tahun 2011, CEO Apple digantikan oleh Time Cook, dikarenakan mundurnya Steve Jobs dari jabatannya pada tanggal 24 agustus 2011.kemudian pada tanggal 5 Oktober 2011, Steve Jobs yang merupakan mantan CEO dan pendiri Apple meninggal dunia karena kanker pangkreas.

Tak lama setelah menjabat sebagai CEO, pada tahun berikutnya Apple memperkenalkan iPhone 5 dengan layar yang sedikit lebih besar dari pendahulunya iPhone 4S. Walau banya yang meragukan akan masa depan Apple setelah meninggalnya Steve Jobs, namun dengan percaya diri Tim Cook mulai menunjukan kehebatanya dirinya dengan menaikkan harga saham perusahaan yang mencapai $768 per lembar dan pada tahun 2013 Apple memperkenalkan dua unit iPhone sekaligus, iPhone 5S dengan fitur sidik jari dan iPhone 5C dengan warna-warni. Kemudian pada ajang WWDC 2014 Tim Cook memperkenalkan 2 buah unit iPhone dengan layar jumbo yang di sebut sebagai iPhone 6 (4.7inc) & iPhone 6 plus (5.5inc) selain 2 iPhone,Tim Cook juga meluncurkan Apple Watch sebagai jam tangan pintar dan sistem pembayaran digital yang dinamakan Apple pay.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »