Sejarah Facebook
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang
diluncurkan pada bulan februari 2004 dan berkantor pusat di Menlo park,
California, Amerika Serikat. Pada september 2012 Facebook memiliki lebih dari
satu miliar pengguna aktif, legih dari separuhnya menggunakan telepon genggam.
Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu
pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman
dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbaharui
profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan group pengguna dengan
ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atuu
perguruan tinggi.
Facebook didirikan oleh mark Zuckerberg bersama teman
sekamarnya dan sesama mahasiswa universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew
McCollum, Dustin moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya
terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di
Boston, Ivy League dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka
diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum di buka untuk siswa sekolah
menengah atas dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.
Meski begitu, menurut survei Consumer reports bulan mei 2011, ada 7.5 juta anak
di bawah 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5juta lainnya di bawah 10
tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.
Studi Compete.com bulan januari 2009 menempatkan facebook
sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut jumlah
pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Quantcast
memperkirakan facebook memiliki 138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada
mei 2011. Menurut social media today
pada april 2010 sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikatmemiliki akun Facebook
meski begitu pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah wilayah dengan
hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan kanada pada mei 2011.
Sebagian besar pendapatan Facebook berasal dari periklanan.
Microsoft adalah rekan eksklusif Facebook untuk melayani iklan spanduk dan
Facebook hanya melayani iklan yang masuk dalam inventaris iklan Microsoft.
Facebook umumnya memiliki tingkat klik yang lebih rendah untuk iklan dari pasa
situs-situs web besar lainya. Untuk iklan spanduk mereka menerima seperlima
jumlah klik di Facebook jika dibandingkan dengan Web secara keseluruhan. Ini
berarti bahwa persentase kecil penggua Facebook mengklik iklan lebih banyak
dibanding situs web lain. Misalnya pengguna Google mengklik iklan pertama pada
hasil pencarian dengan rata-rata 8% dalam satu waktu 80ribu klik untuk satu
juta pencarian, sementara pengguna Facebook mengklik iklan rata-rata 0.04%
dalam satu waktu 400 klik untuk setiap satu juta halaman.
Facebook adalah situs jaringan sosial terdepan berdasarkan jumlah
pengunjung bulanan dan mengalahkan pesaing utamanya MySpace pada april 2008.
Facebook paling populer untuk mengunggah foto dengan total 50 miliar unggahan
foto.