Sejarah Facebook

Sejarah Facebook

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan februari 2004 dan berkantor pusat di Menlo park, California, Amerika Serikat. Pada september 2012 Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, legih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbaharui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan group pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atuu perguruan tinggi.

Facebook didirikan oleh mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum di buka untuk siswa sekolah menengah atas dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer reports bulan mei 2011, ada 7.5 juta anak di bawah 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.

Studi Compete.com bulan januari 2009 menempatkan facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Quantcast memperkirakan facebook memiliki 138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada mei 2011. Menurut social media today pada april 2010 sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikatmemiliki akun Facebook meski begitu pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan kanada pada mei 2011.

Sebagian besar pendapatan Facebook berasal dari periklanan. Microsoft adalah rekan eksklusif Facebook untuk melayani iklan spanduk dan Facebook hanya melayani iklan yang masuk dalam inventaris iklan Microsoft. Facebook umumnya memiliki tingkat klik yang lebih rendah untuk iklan dari pasa situs-situs web besar lainya. Untuk iklan spanduk mereka menerima seperlima jumlah klik di Facebook jika dibandingkan dengan Web secara keseluruhan. Ini berarti bahwa persentase kecil penggua Facebook mengklik iklan lebih banyak dibanding situs web lain. Misalnya pengguna Google mengklik iklan pertama pada hasil pencarian dengan rata-rata 8% dalam satu waktu 80ribu klik untuk satu juta pencarian, sementara pengguna Facebook mengklik iklan rata-rata 0.04% dalam satu waktu 400 klik untuk setiap satu juta halaman.


Facebook adalah situs jaringan sosial terdepan berdasarkan jumlah pengunjung bulanan dan mengalahkan pesaing utamanya MySpace pada april 2008. Facebook paling populer untuk mengunggah foto dengan total 50 miliar unggahan foto.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »