Sejarah Twitter

Sejarah Twitter 

Asal mula Twitter berawal dari acara diskusi yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan podcast bernama Odeo. Jack Dorsey, seorang mahasiswa sarjana di Universitas new York, mengemukakan gagasanya mengenai penggunaan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Nama kode proyek asli untuk layanan ini adalah twttr, gagasan yang kemudian diungkapkan oleh Evan Williams dikemukakan oleh Noah glass terinspirasi oleh Flickr dan kode singkatan SMS Amerika yang jumlahnya % digit. Para pengembang awalnya memutuskan angka 10958 sebagai kode singkat untuk layanan ini, namun kemudian diubah menjadi 40404 untuk kemudahan penggunaan dan pengingatan. Pengerjaan proyek ini dimulai pada tanggal 21 maret 2006, ketika Dorsey mempublikasikan pesan Twitter pertamanya pada pukul 9:50 PM PST. Pesan tersebut berbunyi “just setting up mu twttr”.

Twitter pertama kali digunakan sebagai layanan internal bagi karyawan Odeo, dan versi lengkapnya diperkenalkan kepada publik pada tanggal 15 juli 2006. Pada bulan oktober 2006, Biz Stone, Evan Williams, Dorsey dan staf Odeo lainya membentuk perusahaan baru, mengakuisisi Odeo dan semua asetnya termasuk Odeo.com dan Twitter.com dari investor dan pemegang saham. Williams lalu memecat Glass yang tidak mengungkapkan mengenai perannya dalam pendirian twitter hingga tahun 2011. Twitter berdidi sebagai perusahaan mandiri pada bulan april 2007.

Titik puncak popularitas Twitter terjadi saat penyelenggaraan konferensi South by Southwest Interactive pada tahun 2007. Selama acara tersebut penggunaan twitter meningkat dari 20.000 kicauan menjadi 60.000 kicauan per-hari. Menurut Steven Levy dari newsweek Orang-orang twitter dengan cerdik menempatkan layar plasma 60 Inch di aula konferensi, yang secara eksklusif menayangkan pesan Twitter. Para panelis dan pembicara membicarakan layanan tersebut, dan para blogger yang hadir memujinya.

Secara internasional twitter di kenal dengan logo burung birunya yang bernama Larry the bird. Logo asli di gunakan sejak peluncuran Twitter pada 2006 hingga bulan september 2010. Versi modifikasi logo twitter di luncurkan saat twitter mendesain ulang situsnya untuk pertama kali.

Twitter sangat bergantung pada perangkat lunak sumber terbuka. Twitter menggunakan kerangka kerja Ruby on Rails dan kinerja Ruby Entterprise Edition milik Ruby. Pada awal pengoprasianya twitter kicauan pengguna disimpan dalam basis data MySQL yang di bagi menurut waktu pemostingan. Namun penyimpanan pada MySQL ini menimbulkan masalah lalu memutuskan untuk merombak sistempada 6 april 2011 twitter beralih dari Ruby on Rails ke server java yang mereka sebut Blender.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »