Sejarah YouTube

Sejarah YouTube

YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh Chad Hurley, Steve Chen dan jawed Karim merupakan mantan karyawan Paypal pada februari 2005.Hurley belajar desain di Indiana University of Pennsylvinia sementara chen dan Karim belajar ilmu komputer di University of IIIinois at Urbana-Champaign.

Youtube berawal sebagai seguah perusahaan teknologi rintisan yang didanai oleh incvestasi senilai $11,5 juta dari Sequoia Capital antara november 2005 dan april 2006. Kantor pertama YouTube terletak diatas sebuah pizzeria dan restoran Jepang di San Mateo California. Video pertama di YouTube berjudul me at the zoo, video ini menampilkan pendiri pendamping Jewed karim di San Diego zoo, video ini diunggah pada 23 april 2005 dan masih ada sampai sekarang di YouTube.

Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton dan berbagi video. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno California dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinil pendek dan video pendidikan.


Kebanyakan konten di YouTube di unggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo, hulu dan organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program kemitraan YouTube. Pengguna tak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas. Video – video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Pada november 2006, Youtube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »